Gadget · Uncategorized

Panduan memilih Kamera Saku Awal 2016

find1Jika kita mengambil foto pada kondisi yang terang, baik kamera pada smartphone ataupun dari kamera digital akan menghasilkan foto yang tampak setara, terutama smartphone kelas atas harga 4 jutaan atau lebih. Berbeda jika kita ingin mengambil pada kondisi cahaya yang lebih gelap, akan terlihat perbedaan kualitas terutama pada kecerahan dan noise. Ukuran sensor yang berbeda jauh antara sensor pada kamera smartphone dengan sensor pada kamera digital adalah salah satu faktornya. Belum lagi jika kita membandingkan resolusi, ketajaman, detail, zoom optic, kemudahan, dan fitur kaya lainnya yang terdapat pada kamera digital. Intinya adalah, kamera smartphone memang sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan dasar, namun untuk hal yang lebih serius, kamera digital (dedicated) tampak lebih menjanjikan.

Saat ini kamera digital harga 1 jutaan bahkan sudah bisa menghasilkan hasil foto yang sangat berkualitas. Fitur-fiturnya pun sudah cukup lengkap seperti optical zoom, image stabilization, video, dsb. Beralih ke harga 2 jutaan, fiturnya lebih lengkap lagi termasuk kemudahan koneksi dengan WiFi atau NFC. Sedangkan kamera harga lebih tinggi memiliki kelebihan pada sensor ukuran besar serta pengaturan kamera yang lebih lengkap untuk menghasilkan foto atau video berkualitas.

Di luar sana, banyak sekali pilihan kamera saku yang tersedia mulai harga di bawah 1 juta hingga di atas 10 juta rupiah. Tentu kita bisa membeli sesuai budget yang kita punya serta kebutuhan masing-masing. Namun kadang kita malah dipusingkan bahkan bisa salah beli. Meskipun kamera digital harga 3 jutaan ke atas umumnya memiliki kualitas hasil foto yang sama, mungkin daftar kamera saku terbaik yang PMC buat di bawah akan membantu Anda. Setidaknya Anda bisa eliminasi banyaknya pilihan.

Tentu masih ada beberapa pilihan lainnya yang juga sangat menarik seperti FujiFilm X100 misalnya. Atau bahkan Anda lebih memilih kamera Mirrorless yang dimensi body-nya pun ringkas seperti kamera saku/ point-and-shot. Namun di bawah ini PMC sajikan daftar kamera saku terbaik dengan harga yang masih cukup terjangkau untuk banyak kalangan, tidak sampai melebihi 10 juta. Berikut daftarnya, diurutkan dari harga termurah.

Sony Cyber-shot DSC-W830/ W810: Rp 1.599.000,- / Rp 1.299.000,-
Nikon Coolpix S3700: Rp 1.499.000,-
Nikon Coolpix S7000: Rp 2.199.000,-
Samsung WB250F: Rp 2.450.000,-
Sony Cyber-shot DSC-WX220: Rp 2.499.000,-
Canon PowerShot G16: Rp 4.500.000,-
Canon PowerShot S120: Rp 4.600.000,-
Sony Cyber-shot DSC-RX100 (gen 1st, II, III, IV): Rp 5 jt, 7,8 jt, 11 jt, 15 jt
Canon PowerShot G1 X: Rp 5.750.000,- (Mark II: Rp 8.100.000,-)
Canon PowerShot G7 X: Rp 6.450.000,-

Kamera Saku Terbaik 2015

Lalu apa landasan dan sumber data PMC membuat daftar di atas? PMC sudah melakukan survey ke banyak toko untuk mencari mana yang paling laris dan paling tinggi tingkat kepuasan pelanggan, membaca review dan spesifikasi, serta langsung membandingkan hasil foto masing-masing kamera digital terbaik di atas. Jadi PMC sangat yakin pilihan di atas dapat memuaskan pengguna pada umumnya. Untuk spesifikasi, fitur, dan sample image masing-masing kamera segera akan PMC buat dan Anda bisa lihat dari kategori KAMERA. Semoga bermanfaat dan selamat berburu. Lihat juga 7 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan.

Sumber : https://is.gd/sndJBh

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s