Gadget · Uncategorized

Fenomena Tablet yang makin populer

tabletYa gadget Tablet saat ini memang meroket apalagi dengan banyak produk dari beberapa brand terkenal yang banyak mengeluarkan tipe macam2 yang fungsinya bisa menggantikan PC ataupun Laptop. Nah dibawah ini ada ulasan yang diberikan oleh Prof. Budi Rahardjo seorang Pakar Keamanan dan Dosen Elektronika ITB; Ini ulasannya ….

Saya perhatikan bahwa perangkat tablet (iPad, Galaxy tab, dan teman-temannya) mulai populer di Indonesia. Saya mulai melihat banyak orang yang menggunakannya di tempat terbuka (public places). Apa yang membuatnya makin populer? Apakah dia bisa mengalahkan netbook, misalnya? Berikut ini ada beberapa pendapat saya.

tablet1

Yang pertama, tablet ini langsung on. Begitu dinyalakan dia langsung siap digunakan tanpa harus menunggu proses booting yang harus dilakukan dengan menggunakan netbook / notebook / komputer. Kebayang oleh saya kalau kita sedang diskusi kemudian dibutuhkan sebuah referensi tertentu. Kalau menggunakan notebook (yang tadinya dimatikan) maka kita harus menyalakannya dahulu dan menunggu. Keburu sudah tidak mood lagi atau diskusi sudah terus berjalan ke mana. Langsung on ini yang membuat tablet (dan handphone) menjadi platform yang menarik.

tablet2Yang kedua, tablet lebih ringkas dan ringan dibandingkan dengan netbook. Sebetulnya tablet devices kan sudah ada cukup lama, tetapi versi-versi terdahulu masih sangat berat (karena sebetulnya dia adalah notebook yang menggunakan layar sentuh saja).

Yang ketiga, layar tablet lebih lebar dibandingkan dengan handphone. Ini sangat dibutuhkan jika kita banyak membaca dokumen (paper, buku, dan seterusnya). Jadi, meskipun handphone lebih ringan, dia terlalu kecil untuk digunakan membaca dokumen yang panjang.

Yang keempat, aplikasi untuk tablet ini sudah mulai banyak. Ternyata keberadaan aplikasi ini penting. Buat apa punya platform (device) yang bagus tapi tidak ada aplikasinya? (Perhatikan ada tablet yang mungkin terbatas aplikasinya.)

tablet3

Aplikasi yang saya lihat banyak digunakan oleh adalah pembaca dokumen (yang umumnya dalam format PDF). Saya melihat orang menggunakan tablet untuk membawa koleksi buku referensi (tidak mungkin membawa-bawa 10 buku referensi dalam format fisik),  makalah, atau tugas baca. Ketika dibutuhkan, langsung dinyalakan dan dicari. Saya melihat ini menjadi daya tarik bagi mahasiswa, peneliti, dan orang-orang yang harus sering melihat ke referensi. Seperti yang sudah saya utarakan, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan notebook tetapi tablet lebih praktis.

Saya melihat banyak aplikasi lainnya di Indonesia. Seorang kawan mengeluh karena anaknya (yang masih di SD) harus membawa banyak buku pelajaran di tasnya sehingga tasnya menjadi sangat besar dan berat. Kasihan. Kata gurunya bukunya harus dibawa. Nah, kalau dengan menggunakan tablet kan hanya cukup bawa satu tablet saja. Tas bisa menjadi lebih ringan. Masalahnya, apakah sekolah memperbolehkan hal ini?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s