Uncategorized

Tutorial Memperbarui (Flashing ROM) Xiaomi Redmi 1S ke JHCMIBH43.

Pengembang MIUI akhirnya mengeluarkan pembaruan versi JHCMIBH43.0 untuk pengguna Xiaomi Redmi 1S. Pembaruan ini bisa didapat melalui pembaruan OTA (Over The Air) alias pembaruan secara otomatis, namun karena Xiaomi Redmi 1S saya sudah di-root, maka pembaruan OTA ini tidak berfungsi.

Saya harus mengunduh berkas ROM sebesar 515 MB kemudian melakukan flashing ROM. Cara flashing ROM ini tidak begitu sulit, mirip dengan cara melakukan rooting. Berikut ini cara melakukan flashing ROM pada Xiaomi Redmi 1S..

Cara Flashing ROM ke JHCMIBH43.0
Sebelumnya pastikan bahwa daya baterai sebaiknya lebih dari 70% dan semua data telah dicadangkan (back-up).
image

Salin berkas ROM yang diunduh ke media penyiman internal Xiaomi Redmi 1S di direktori downloaded_rom menggunakan kabel USB.
Cabut sambungan USB Xiaomi Redmi 1S dengan aman.
Masuk ke menu Perbarui (Update), pilih menu menggunakan tombol soft-button Menu, lalu Pilih paket pembaruan (Select installation file).
Jelajahi ke dalam folder tempat menyimpan berkas ROM, di dalam direktori downloaded_rom, lalu pilih berkas dan pilih Perbarui.
Xiaomi Redmi 1S akan secara otomatis masuk ke mode Recovery dan melakukan pembaruan.
Setelah proses pembaruan selesai, Xiaomi Redmi 1S akan menggunakan ROM terbaru.
Selesai!
Berkas di direktori downloaded_rom bisa dihapus supaya media penyimpan internal lebih lega.
Catatan

Jika Xiaomi Redmi 1S tidak di-root, maka pembaruan otomatis OTA bisa dilakukan. Namun mengingat besarnya berkas yang harus diunduh, proses pembaruan bisa mengalami kegagalan. Disarankan untuk melakukan pengunduhan manual dan melakukan pembaruan melalui flash ROM.

Karena sebelumnya Xiaomi Redmi 1S saya telah di-root, maka secara otomatis ROM terbaru juga sudah di-root. Namun tombol untuk menonaktifkan root terkunci, sehingga Xiaomi Redmi 1S saya selalu dalam posisi di-root.

Bootloop dan Reboot Terus Menerus
Bootloop adalah proses di mana sistem operasi tidak dapat dimuat sehingga ponsel melakukan booting berulang-ulang. Ini terjadi jika ada sesuatu hal membuat pembaruan gagal, misal karena berkas ROM rusak. Jika terjadi bootloop, langkah berikut bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Matikan ponsel.
Masuk ke mode Recovery dengan menekan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan.
Setelah masuk ke mode Recovery dan memilih bahasa yang digunakan, pilih menu Wipe & Reset.
Kemudian pilih menu Wipe All Data.
Pilih Yes dan semua data akan dihapus dan pengaturan dikembalikan ke semula.
Setelah Reboot, ponsel kembali seperti semula.
Apa Yang Baru?
ROM JHCMIBH43.0 banyak melakukan optimasi dan perbaikan di fitur Pesan (Messaging), Explorer, E-mail, Kalender, dan menggabungkan pengaturan Mi Cloud dengan pengaturan akun Mi.

Untuk saya, yang paling penting dari pembaruan ini adalah: bisa menyimpan foto hasil jepretan kamera bawaan ke SD card secara otomatis. Opsi ini bisa dilakukan dengan menekan tombol Pengaturan (gambar gerigi) pada aplikasi Kamera. Fitur ini sebenarnya sudah aktif sejak di ROM JHCMIBF37.0.

Di ROM baru ini, pengaturan RAM menggunakan zRAM. zRAM adalah salah satu metode untuk meningkatkan performa Android. Singkatnya, zRAM bekerja dengan melakukan kompresi data saat menyimpan di memori, membuat seolah-olah memori lebih lega, yang ujung-ujungnya performa lebih meningkat.

Saya melakukan pengujian menggunakan Antutu Benchmark saat menggunakan ROM JHCMIBF36.0.1 dan setelah diperbarui dengan ROM JHCMIBH43.0, hasilnya, saat menggunakan ROM lama, skor Antutu Benchmark hanya 11.309. Setelah diperbarui, skor Antutu Benchmark naik menjadi 19.783.

Pembaruan ini juga diklaim dapat menghemat daya baterai. Ini disebabkan karena manajemen memori dan manajemen proses yang lebih baik.

Galeri Foto Proses Pembaruan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s